PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA MUDA, INTRO DULU

FPMemutuskan untuk menikah adalah salah satu hal yang amat besar dalam hidup kita. Menikah adalah menyatukan dua keluarga. Menikah adalah mencari kehalalan. Menikah adalah tanggung jawab. Lebih jauh lagi, menikah adalah ibadah yang membuat Anda menyempurnakan separuh dari agama Anda.

Well, beberapa bulan sebelum menikah, saya semi iseng membuat model “Laporan Keuangan” keluarga. Kenapa semi iseng? Pertama karena saya iseng belajar perencanaan keuangan, tapi di sisi lain saya memiliki ketertarikan di bidang itu. Kedua, kerena model “Laporan Keuangan” itu masih versi beta :D.

Continue reading

JODOH PASTI BERTEMU

eiger normal Ungkapan-ungkapan seperti “Rezeki tak akan kemana”, “Jodoh pasti bertemu”, dan yang semisalnya sering kita dengar. Tanpa menafikan adanya usaha yang dilakukan manusia, takdir memang benar adanya. Bahkan salah satu rukun iman yang menjadi pembeda dalam agama.

Oke, kembali ke topik. Hari ini saya mengalami hal yang menakjubkan. Kecil, tetapi entah kenapa rasanya sangat menyenangkan. Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Alloh.

Subuh di hari Selasa menjadi agak berbeda karena saya pulang agak akhir. Kebetulan Pak Marbot yang sering ngurusin rumah tangga masjid sedang berhalangan hadir. Karena kebetulan juga saya tinggal dekat dengan masjid, ya setelah subuhan saya dengan salah seorang tetangga berinisiatif buka-buka jendela dan matiin lampu. Sesampainya di tempat sandal, ternyata eh ternyata, sandal yang saya pakai harus kehilangan jodohnya.

Agak aneh juga sebenarnya karena sandal yang tak sepasang itu ukurannya beda. “Emang nggak kerasa?” dengan sedikit nyolot saat ngobrol dengan tetangga di perjalanan pulang. “Caknyo orang sebelah kakak tadi. Kalo supir taksi nggak mungkin, dia kan pake sepatu,” timpal Dendi, tetangga yang ngobrol dengan saya pagi itu. Continue reading

SEBENARNYA BOLEH DITUKAR KOK, SEBUAH PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN

barang yang sudah dibeliKlausula “Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar kembali” saya rasa lazim didapati di negeri ini. Nah kali ini saatnya kita coba melihat perspektif klausula ini dari sisi hukum positif maupun hukum syar’i. Semoga bermanfaat ya :D. Maklum, sudah lama nggak posting..hehe.

Hukum positif di Indonesia yang mengatur tentang hal ini di antaranya adalah Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang formalnya disebut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perilindungan Konsumen. Ternyata eh ternyata, klausula “Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar kembali” ada lho di Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Sebelum lebih jauh kita masuk, ada baiknya kita bahas yang namanya Klausula Baku. Klausula Baku adalah setiap aturan atau ketentuan dan syarat­syarat yang telah dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha yang dituangkan dalam suatu dokumen dan/atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi oleh konsumen. Nah, UUPK mengatur pula larangan jenis Klausula Baku bagi Pelaku Usaha yang isinya ini (lihat Pasal 18 UUPK): Continue reading

HARGA KENYAMANAN KERETA API EKONOMI JARAK JAUH

Foto-0086Awal  April ini masyarakat pengguna kereta api kembali heboh. Sebenernya hebohnya juga nggak heboh-heboh banget. Karena sebenarnya sudah ada sedikit antisipasi kehebohan :D. Cerita berawal ketika pada awal Januari 2013, PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) mulai memasang fasilitas Air Conditioner (AC) pada beberapa gerbong Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh (KAEJJ). Seperti kata pepatah ”Ana rega ana rupa” , tentu saja fasilitas ini hanya bisa diperoleh dengan mengorbankan beberapa rupiah lebih mahal dari harga KA Ekonomi non AC. Setidaknya sampai akhir Maret 2013, KAEJJ masih terdiri atas KA Ekonomi non AC dan KA Ekonomi AC.

Nah, menjadi heboh ketika di awal April KAEJJ hanya terdiri atas KA Ekonomi AC. Sudah pasti harga yang harus dikeluarkan oleh pengguna jasa ini bertambah. Yang jadi masalah tambahnya nggak itung-itung gan. Saya kasih contoh harga tiket KA Ekonomi Bengawan jurusan Pasar Senen – Solo Jebres. Harga tiket non AC kereta ini adalah Rp37.500,00, sementara harga tiket AC-nya mencapai Rp120.000,00 (bahkan Rp150.000,00). Muke gile deh 300% lebih naiknya :hammer. Continue reading

DEWI MALAM DI PAGI HARI

Dewi malam datang terlambat
seiring alunan angin malam yang tlah pergi fajar tadi.
Dia tampak berbeda…
tak lagi temani aku menari menuju khayalan.

Dewi malam datang di pagi hari.
Mengajakku melayang di harmoni rintik hujan yang berbaur dengan jingga ufuk fajar.
Menari-nari menggapai harapan.

Ketika aku lelah menatapnya,
tampak embun dan rintik hujan bercampur peluh yang mewangi.
Lembut basahi paras cantiknya.

Dewi malam…
Seperti bertutur mengajakku bergerak.
Menari menggapai harapan.
Berlari meski terdengar alunan mendayu yang berteriak untuk tinggal

4 Juni 2013

MIE GAMAT PEJOMPONGAN, PERPADUAN YANG COZY DAN LADZIDZ

Photo-0001Menikmati kuliner itu menyenangkan. Apalagi yang hobi makan seperti saya ini :malu. Dengan tekad yang bulat disertai penggalian ingatan, saya putuskan untuk memulai menambahkan kategori baru dalam blog ini. Kategori Kuliner.

Dari sekian ingatan yang ada di otak saya, akhirnya saya memilih Mie Gamat Pejompongan untuk menjadi the first. Oke…cekidot.

Pertama kali mendengar kata mie gamat, yang terlintak di otak saya adalah mie buat obat. Soalnya sering banget denger obat-obat herbal yang pake kata gamat kali yak :D. Sebenernya nama resmi tempat makan ini adalah “Mie Ayam Gamat”, hanya aja saya lebih sering nyebut Mie Gamat.

Bila Anda tahu daerah Pejompongan, Jakarta Pusat, cari aja SD Bendungan Hilir 01 dan 02. Deketan sama Puskesmas Benhil (Jalan Danau Toba). Nah kalo udah ketemu gerobak di depan rumah, ya itu tempatnya.

Seperti sugesti otak yang saya sampaikan sebelumnya, Mie Gamat ini ternyata juga diklaim sebagai makanan sehat. Nggak cuma mie-nya aja yang sehat, sayur-sayuran yang digunakan juga sayuran organik. Yang paling mantep dari semua itu adalah semua masakan di sini nggak pake micin alias MSG ato apapun namanya. Continue reading

BANGUN PAGI

wakeupBangun dari tidur malam merupakan hal yang esensial bagi kehidupan setiap manusia. Kalo di negeri kita, para orang tua biasanya bangun sekitar pukul 3 sampai subuh. Kerennya mereka nggak tidur lagi. Nah yang jadi masalah adalah anak mudanya. Inget banget deh waktu jaman kuliah, agak males kalo kuliahnya dapet jam-jam awal. Padahal di tempat saya kuliahnya mulai jam 8 :hammer. Oke fine, kalo paginya udah subuh tepat waktu dan berjama’ah di masjid –meski tidur pagi setelah subuh itu tetep nggak sehat-.  Tapi kalo kuliah jam 8, bangun jam 7, trus subuhnya jam 7 kan nggak lucu. Nggak pantes malah.

Continue reading

SEJAUH MANA KEBUTUHAN ANDA?

abraham maslow needsAnda yang pernah belajar psikologi, atau setidaknya tertarik dengan hal-hal berbau psikologi tentu tahu siapa itu Abraham Maslow. Kalo tau Abraham Maslow pasti tau teori hirarki kebutuhan yang membuatnya terkenal sebagai pelopor psikologi humanistik -katanya sih gitu-. Kali ini saya pengen kita melihat dan menilai kualitas diri kita sendiri dari sejauh mana tingkat kebutuhan kita. Percaya nggak percaya itu nanti akan nentuin kualitas diri kita. Harga diri gitu lah kalo kata orang.

Continue reading