KOMUNIKASI : PENERIMAAN, TANDA-TANDA, DAN PEMAKNAAN

Yey…! Serial komunikasi akhirnya diterusin lagi. Ini masih lanjutan dari postingan KOMUNIKASI : TRANSMISI yang juga rangkaian dari Massive Open Online Course (MOOC) Introduction to Communication Science, University of Amsterdam’s.

Di tahun 1960-an, kritik atas komunikasi sebagai proses linier bermunculan. Para pengkritik itu berpendapat bahwa setiap orang memberikan arti/makna yang berbeda terhadap pesan yang disampaikan. Jadi tidak ada yang salah dalam proses komunikasi. Mereka fokus pada penerima pesan dan bagaimana si penerima itu menginterpretasikan pesan yang diterimanya menggunakan tools yang dimilikinya dengan melibatkan background, pengetahuan, emosi, dan sebagainya.

Jadi di model baru ini, model non liner, tidak ada output yang salah dalam proses komunikasi. Oh iya di model ini bakal ada istilah baru, namanya polysemic. Polysemic itu intinya setiap orang menginterpretasikan pesan yang diterimanya dengan cara yang berbeda. Istilah lain yang juga berkaitan adalah semiotics/semiology. Istilah ini merujuk pada ilmu yang mempelajari tanda-tanda (signs) dan pengaruh (signification) dalam proses komunikasi. Signs itu bisa diartikan segala sesuatu dalam proses komunikasi. Bisa kata yang diucapkan, foto, kata yang tertulis, dan sebagainya. Sedangkan signification adalah pemberian makna dari signs tadi.

1 - 6 - 1.6 Reception, signs, signification (4-23).mp4_000105034

Jadi, kalo dilihat model ini beda dengan model liner yang ada di postingan KOMUNIKASI : TRANSMISI. Model non linier menekankan pada exchange of meaning. Pengirim pesan menginterpretasikan arti dari pesan yang dikirimnya dan penerima pesan juga menginterpretasikan pesan yang diterimanya. Dalam pengaruh teori semiotics, para peneliti lebih tertarik dengan penerimaan pesan dan menyatakan bahwa komunikasi dapat menghasilkan beberapa output yang valid.

Roman Jacobson (1960) membuat model untuk teori ini. Jacobson mengambil model linier milik Shannon dan Weavers sebagai dasar modelnya. Biar enak monggo dilihat gambar di bawah ini.

teori jacobsoan

Jacobson menambahkan elemen dari teori semiotics seperti konteks (setiap pesan merujuk pada sesuatu di luar pesan itu sendiri) dan kode (kata tertulis). Komunikasi yang sukses, menurut Jacobson, dapat terwujud bila ada setiap elemen-elemen tadi dan setiap elemen memiliki fungsi pada tempatnya.

Mari kita jabarkan fungsi-fungsi milik Jacobson ini. Nama fungsi-fungsi di sini saya terjemahkan secara bebas saja sih. Jadi maaf bila kurang pas.

Fungsi Emotif
Tujuan utama dari sebuah pesan adalah untuk mengkomunikasikan emosi dan sikap pengirim (ini disebut fungsi emotif). Misal kita nulis surat cinta buat pasangan kita.

Fungsi konatif
Fungsi konatif yaitu fungsi dimana penerima nantinya diarahkan untuk mengerjakan sesuatu. Contoh dari fungsi ini yang paling gampang ya kayak di iklan-iklan komersial itu.

Fungsi Referensial/Deskriptif
Fungsi ini berkaitan dengan konteks dan terjadi saat sebuah pesan mendeskripsikan sebuah kondisi. Siaran berita sepertinya contoh yang pas untuk fungsi ini.

Fungsi Fatik
Kadang tujuan dari berkomunikasi adalah untuk saling terbuka. Contohnya kayak pas kongkow ngopi-ngopi bareng temen. Nongkrong seru gitu.  Fungsi ini berkaitan dengan channel/saluran.

Fungsi puitis
Fungsi ini berarti pesan itu sendiri. Contohnya karya seni seperti lukisan dimana lukisan itu adalah pesan yang disampaikan oleh pembuatnya.

Fungsi metalingual
Saat kita berkomunikasi untuk menjelaskan kode yang kita gunakan. Misalnya cara menggunakan kamus, membaca morse, dan semisalnya.

Well, model ini mulai lebih ribet dari model sebelumnya. Dengan berfokus pada arti sebuah pesan, tanda-tanda, pemaknaan, dan fungsi utama dari sebuah pesan, Jacobson memberikan gambaran yang jauh berbeda dengan model sebelumnya (model transmisi).

Semoga bermanfaat. Insya Alloh akan ada lagi perpektif dari model yang berbeda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s