KOMUNIKASI : TRANSMISI

Postingan kali ini adalah kelanjutan dari postingan KOMUNIKASI : TEORI. Seperti janji saya, ini masih rangkaian dari Massive Open Online Course (MOOC) Introduction to Communication Science, University of Amsterdam’s.

Kalo kita ngomongin teori, maka teori yang pertama kita diskusikan adalah Basic Transmission Model. Model ini merupakan refleksi pemikiran dominan pada komunikasi, yang menganggap bahwa komunikasi sebagai proses linier. Ada pengirim, pesan yang ingin disampaikan, dan berakhir pada penerima. Pada tahun 1948, Laswell membuat model ini secara eksplisit. Menurutnya, untuk memahami proses komunikasi, kita memerlukan elemen berikut ini: Who, says What, in which Channel, to Whom, dan with what Effect.

Of course, banyak hal yang membuat proses komunikasi ini menjadi salah. Saat saya bicara dengan seseorang sambil nyetir, bisa jadi akan ada gangguan dalam proses komunikasi itu. Dari sisi saya mungkin konsentrasi yang agak terpecah, suara mesin, atau apapun yang mungkin mengganggu. Sementara dari sisi lawan bicara, bisa jadi dia juga nggak fokus. Intinya ya ada beberapa hal yang bisa bikin komunikasi tidak efektif. Catatan pentingnya adalah, komunikasi sebagai proses linier ini hanya efektif ketika efek yang diinginkan tercapai (pesan sampai tujuan dan diinterpretasikan dengan benar oleh penerima).

Banyak hal yang dapat mengubah/merusak transmisi yang benar. Shannon dan Weaver membuat model tentang ini di tahun 1949. Sama seperti model Laswell, model milik Shannon dan Weaver juga memiliki lima elemen. Biar enak perbandingannya bisa dilihat di capture-an saya.

transmisi

Bisa dilihat model milik Shannon dan Weaver ini melibatkan eleman Noise, yang kita definisikan sebagai segala sesuatu yang dapat mendistorsi proses komunikasi. Jadi, pada contoh kita tadi, noise ini bisa datang dari mana saja. Akibatnya, ada kemungkinan tidak tercapainya efek yang diinginkan.

Well, semoga bermanfaat. Insya Alloh nanti akan kita lanjutkan dengan materi Penerimaan, Tanda, dan Pentingnya Komunikasi.

Advertisements

2 comments on “KOMUNIKASI : TRANSMISI

  1. Pingback: KOMUNIKASI : PENERIMAAN, TANDA-TANDA, DAN PEMAKNAAN | skynomics

  2. Pingback: KOMUNIKASI : PENERIMAAN, TANDA-TANDA, DAN PEMAKNAAN | skynomics

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s