KOMUNIKASI : KONSEP

Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan KOMUNIKASI : APAKAH KOMUNIKASI ITU?. Masih melanjutkan sharing materi Pengantar Ilmu Komunikasi, kali ini kita akan membahas Konsep Komunikasi.

Banyak ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu yang meneliti fenomena dalam komunikasi, media komunikasi, dan berbagai bentuk komunikasi. Hasil dari penelitian mereka adalah teori, model, dan metode yang menganalisis hubungan antara komunikasi dengan disiplin ilmu lainnya. Untuk mendapatkan pandangan bagaimana tingkat komunikasi dan bagaimana tingkat komunikasi itu terhubung dengan disiplin ilmu lain, kita bisa melihatnya melalui piramida komunikasi berikut ini.

piramida komunikasiBerdasarkan piramida di atas, kita telah melihat ada perbedaan disiplin ilmu yang mempelajari komunikasi. Of course, tiap disiplin ilmu ada perbedaan fokus yang dipelajari. Sebenarnya, tidak mengherankan jika komunikasi dipelajari dari begitu banyak sudut. Komunikasi benar-benar mengisi kehidupan kita, kita menghabiskan banyak waktu untuk mengkomunikasikan ide-ide, berbagi pikiran, menyerap informasi baru, menghibur dan dihibur atau membujuk seseorang untuk melakukan sesuatu. Komunikasi memungkinkan kita untuk berfungsi sebagai makhluk sosial, budaya dan politik.

Karena komunikasi dipelajari oleh berbagai disiplin ilmu, maka topik tentang komunikasi bisa memunculkan berbagai perspektif. Jadi, titik awal dari pembahasan komunikasi yang saya share ini adalah dengan mencari definisi singkat dari teori, model, dan konsep.

Konsep adalah kata atau sekumpulan kata yang merepresentasikan suatu ide. Misalnya, kita mengambil konsep tentang identitas. Identitas bisa jadi akan diinterpretasikan secara berbeda oleh setiap orang. Begitu juga konsep komunikasi. Kita tidak akan mencari definisi dari setiap konsep komunikasi dengan detail karena setiap orang dapat memberikan arti yang berbeda untuk sebuah kata.

Ngomongin soal konsep lagi, di MOOC ini, kita tidak akan mendefinisikan secara detail konsep-konsep kunci tertentu. Intinya balik lagi ke paragraf tadi, definisi tiap orang bisa jadi berbeda. Definisi bisa berubah seiring dengan waktu dan konteks penggunaannya.

Setelah ini, insya Alloh saya akan memposting masalah Teori Komunikasi. Semoga bermanfaat.

Image : Bikinan sendiri via power point

Advertisements

2 comments on “KOMUNIKASI : KONSEP

  1. Pingback: KOMUNIKASI : TEORI | skynomics

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s