KOMUNIKASI : APAKAH KOMUNIKASI ITU?

Beberapa waktu yang lalu, saya iseng ikutan kursus online di coursera.org. Biasa lah, saya kan suka yang gratisan. Saya juga masih memegang prinsip “Donlot dulu sebanyak-banyaknya, insya Alloh nanti berguna”. Hasilnya, ya saya cuma donlotin materi kursus. Kuis dan tugas-tugas lainnya Cuma didonlot juga. 😀

Pada beberapa postingan selanjutnya, saya ingin berbagi apa yang saya donlot ke dalam postingan di blog ini. Well, materi yang akan saya share beberapa waktu nanti adalah Pengantar Ilmu Komunikasi. Materi ini merupakan program Massive Open Online Course (MOOC) yang diadain sama University of Amsterdam’s.

jenis komunikasiWhat exactly is communication? Gampangnya, komunikasi adalah setiap tindakan untuk menyampaikan informasi, termasuk di dalam informasi adalah pemikiran, ide, dan emosi. Memberikan seseorang seikat bunga sudah termasuk komunikasi dengan pesan “khusus”. Kalo Anda memberikan bunga lalu memuji Penerima (misalnya, “Kamu cantik deh.”), itu merupakan bagian lain yang terpisah dari komunikasi. Kalo Penerima menerima bunga itu sambil tersipu, nah itu juga bentuk lain dari komunikasi. Jadi, bentuk komunikasi itu bisa memakai verbal (“Kamu cantik deh.”), non verbal gestur (tersipu), juga tanda dan simbol (seikat bunga).

mediaTerkadang, kita juga menggunakan media untuk berkomunikasi. Intinya, media adalah saluran yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Bisa TV, internet, radio, atau yang yang kerennya merupakan sesuatu yang kita buat untuk memperkuat komunikasi kita. Media-media ini diistilahkan dengan technical media. Dalam definisi yang lebih luas, kita juga bisa memasukkan tangan, mata, telinga, suara, dan apapun yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Namun, secara umum saat kita membahas masalah media komunikasi yang dimaksud adalah technical media.

Oke, saya kira postingannya segini dulu. Insya Alloh postingan selanjutnya akan membahas Konsep Komunikasi. Semoga bermanfaat.

Image : Capture Materi Massive Open Online Course (MOOC) Introduction to Communication Science, University of Amsterdam’s

Advertisements

3 comments on “KOMUNIKASI : APAKAH KOMUNIKASI ITU?

  1. Pingback: KOMUNIKASI : KONSEP | skynomics

  2. Pingback: KONSEP KOMUNIKASI | skynomics

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s