HARGA KENYAMANAN KERETA API EKONOMI JARAK JAUH

Foto-0086Awal  April ini masyarakat pengguna kereta api kembali heboh. Sebenernya hebohnya juga nggak heboh-heboh banget. Karena sebenarnya sudah ada sedikit antisipasi kehebohan :D. Cerita berawal ketika pada awal Januari 2013, PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) mulai memasang fasilitas Air Conditioner (AC) pada beberapa gerbong Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh (KAEJJ). Seperti kata pepatah ”Ana rega ana rupa” , tentu saja fasilitas ini hanya bisa diperoleh dengan mengorbankan beberapa rupiah lebih mahal dari harga KA Ekonomi non AC. Setidaknya sampai akhir Maret 2013, KAEJJ masih terdiri atas KA Ekonomi non AC dan KA Ekonomi AC.

Nah, menjadi heboh ketika di awal April KAEJJ hanya terdiri atas KA Ekonomi AC. Sudah pasti harga yang harus dikeluarkan oleh pengguna jasa ini bertambah. Yang jadi masalah tambahnya nggak itung-itung gan. Saya kasih contoh harga tiket KA Ekonomi Bengawan jurusan Pasar Senen – Solo Jebres. Harga tiket non AC kereta ini adalah Rp37.500,00, sementara harga tiket AC-nya mencapai Rp120.000,00 (bahkan Rp150.000,00). Muke gile deh 300% lebih naiknya :hammer.

Memang sih, sejak Oktober 2011 pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI mulai membaik. Awalnya mulai dari memanusiakan manusia dengan memberi duduk setiap penumpangnya. Berlanjut ke sistem check in yang jadi kayak pesawat. Ditambah juga pengurangan pedagang asongan yang cuma jualan di stasiun aja. Pokoknya lebih nyaman lah. Sistem pengembalian tiket yang dibatalkan juga makin mempersempit ruang gerak dan kreativitas para calo.

Protes Kamis, 29 Maret 2013

Foto-0088Kamis malam, tanggal 29 Maret 2013, gelombang aksi protes atas kebijakan berdalih kenyamanan ini mulai mengemuka. Sekelompok penumpang KA Ekonomi Bengawan (IMHO sih juga mewakili pengguna jasa kereta api pada umumnya) yang mengatasnamakan Masyarakat Pengguna Kereta Api Ekonomi melakukan aksi damai.

Tanpa banyak cingcong mereka mengajak ratusan penumpang KA Ekonomi Bengawan untuk melakukan aksi tanda tangan pada spanduk sebagai bentuk penolakan kebijakan baru ini. Oh iya kelupaan, biar nggak pada bingung, kebijakan yang ditolak itu pada intinya adalah kebijakan dihapusnya gerbong KA Ekonomi  non AC dan kebijakan perubahan jadwal KA Ekonomi yang jadi geje. Tuntutan-tuntutan pengguna jasa kereta api inidituangkan dalam spanduk dan stiker yang digunakan sebagai peraga “kampanye” penolakan. Cekidot.

Aksi yang awalnya berlangsung damai, ini mendadak menjadi ricuh ketika perwakilan dari penumpang mencoba memasang spanduk dan stiker di sekitar Stasiun Pasar Senen dan di dalam gerbong kereta. Akhirnya seluruh stiker dilepas semua. Spanduk juga diturunin. Untung aja saya sempet memotret stiker yang telah terpasang :cool.

Testimoni Pengguna Jasa KAEJJ

Beberapa forum yang menulis tentang masalah kebijakan PT. KAI ini cukup seru gan. Yah, bagaimanapun juga KAEJJ benar-benar sangat membantu masyarakat. Apalagi buat para bujang rantau, PJKA, atau apalah namanya. Rela naik kelas ekonomi demi ngasih lebih buat keluarga *so sweet*.

“padahal biasanya orang kampung bukannya gak kuat bayar.tapi memang gak tahan sama AC.”

“PT. KAI hanya bermodalkan 1 unit AC biasa untuk rumahan yang berharga Rp. 2,5 jutaan per gerbong, mereka bisa menaikan harga tiket/penumpang 300%. Waw suatu penipuan perusahaan kepada para konsumennya. Memalukan sebagai perusahaan publik.

Anehnya AC-nya per gerbong tidak memakai pengatur sensor temperatur sehingga penumpang bisa menggigil dimalam hari dalam gerbong bagaikan masuk coolkas. Hahahaha memalukan kedua.

Kemudian setiap gerbong wc-nya membuang kotoran manusia masih bergelimpangan pada jalur rel. WC terpanjang didunia. Memalukan ketiga.”

“Bung Latip….padahal kami juga ikut membantu pemda DKI dan pemda masing2 dalam mengurangi jumlah penduduk atau kepadatan di kota Jakarta. Serta pendistribusian pendpatan pada pemda dimana keluarga kita tinggal…..”

Sudah ah segitu aja testinya. Yang nulis juga kebanyakan gak setuju. Sebenernya sih daripada ngasih subsidi buat BBM mending ngasih subsidi buat transportasi publik macam kereta api kayak gini. IMHO lho ya ini.

KAEJJ Sekarang

Well, baiklah setelah tadi kita ngomongin ketidakterimaan sebagian masyarakat pengguna jasa kereta api (entah itu sebagian besar atau sebagian kecil), mari sekarang kita bandingkan fasilitas yang didapatkan saat Anda naik KAEJJ sekarang.

  1. KAEJJ sekarang sudah pakai AC. Lebih nyaman lah buat tidur. Lagian kan kebanyakan KAEJJ itu jalan di malam hari. Minusnya, Acnya nggak bisa diatur kayak di bus.
  2. Pengamen dan pedagang asongan cuma ada saat KA berhenti di stasiun. Biasanya sih di stasiun yang relatif besar. Sebagai gantinya, akan ada pramugara atau pramugari yang menjajakan produknya saat tidak ada pedagang asongan yang berjualan.
  3. Kebersihan toilet sudah jauh lebih baik daripada dulu. Setidaknya selalu ada air. Kalo mau wudhu kan jadi gampang.
  4. Sudah lebih memanusiakan manusia. Iya itu kunci utamanya. Memanusiakan manusia yang saya maksud adalah semua penumpang duduk pada tempatnya. Dapet kursi semua. Kalo dulu sih yah…gitu deh kondisinya.
  5. Sistem pemesanan tiket lebih enak. Bisa pakai mini market waralaba yang kondang itu, bisa pake agen tiket resmi yang sudah online juga. Paling cuma kena charge Rp7000,00 – Rp8000,00 aja. Minusnya sih kalo liburan panjang gitu servernya sering down.
  6. Masalah harga menurut saya sih perlu dikaji lagi. Mengingat sebenarnya KAEJJ itu sifatnya Public Service Obligation (PSO). Sayangnya PSO buat PT. KAI ini turunnya per tahun. Ini mungkin yang membuat mereka susah mengelola. PSO yang diterima PT. KAI tahun 2013 sebesar 704 miliar. Nah PSO inilah yang harus bisa dioptimalkan mengingat penyerapan PSO tahun lalu hanya sebesar 81% (dari total 770 miliar).

Oke, sekian aja deh nulisnya. Semoga bermanfaat. Oh iya, sekarang sebagian KAEJJ juga sudah ada colokan alias stop kontaknya lho. Lumayan buat ngePES, onlen, nonton film, atau mungkin masak nasi :hammer.

Advertisements

2 comments on “HARGA KENYAMANAN KERETA API EKONOMI JARAK JAUH

  1. Hati2 ketika anda berada lebih dr jm 22.30 di stasiun pasar senin, bukan copet atau calo.. tapi bagi anda yg tidak bisa menahan buang air kecil atau besar supaya memakai pempers atau bersiap-siaplah anda mengompol….
    Karna toilet tutup jam 22.30…
    Astagfirullah…..
    Kok ad ya.. kn stasiun buka 24jm kok toilet ad jam tutupnya…
    Ini yang membuat stasiun bau ( pesing )
    Karna toiletnya tutup…..
    Aturan siapa ya…
    Demi ap yaaa…..
    Aneh. …
    Tp itulah kenyataaannnya…..
    Keeeeccceeewwwaaaaaa………..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s