BANGUN PAGI

wakeupBangun dari tidur malam merupakan hal yang esensial bagi kehidupan setiap manusia. Kalo di negeri kita, para orang tua biasanya bangun sekitar pukul 3 sampai subuh. Kerennya mereka nggak tidur lagi. Nah yang jadi masalah adalah anak mudanya. Inget banget deh waktu jaman kuliah, agak males kalo kuliahnya dapet jam-jam awal. Padahal di tempat saya kuliahnya mulai jam 8 :hammer. Oke fine, kalo paginya udah subuh tepat waktu dan berjama’ah di masjid –meski tidur pagi setelah subuh itu tetep nggak sehat-.  Tapi kalo kuliah jam 8, bangun jam 7, trus subuhnya jam 7 kan nggak lucu. Nggak pantes malah.

Orang tua saya selalu bilang, “Tidur pagi itu dijauhi rezeki,” kadang bilang juga “Sing turu ora kumanan rezeki”. Setelah dipikir-pikir emang ada benarnya perkataan beliau. Bangun pagi itu lebih menjaga mood. Belajar juga lebih gampang masuknya, setidaknya menurut saya :D. Kalo mood udah bagus mau ngapain-ngapain juga enak. Lebih produktif lah kalo boleh dibilang.

Rasululloh Shalallohu ‘alaihi wasallam juga telah mengajarkan berbagai manfaat bangun pagi, bahkan ada lho dzikir-dzikir pagi yang semuanya itu nunjukin keberkahan waktu pagi. Ibnul Qayyim rahimahulloh menyebutkan :

“Di antara tidur yang tidak disukai menurut mereka adalah tidur di antara shalat subuh dan terbit matahari, karena ini merupakan waktu untuk memperoleh hasil bagi perjalanan rohani, pada saat itu terdapat keistimewaan besar, sehingga seadainya mereka melakukan kegiatan semalam suntuk pun, belum tentu dapat menandinginya.”

Sudah saatnya kembali bangun pagi. Minimal bisa ikut jama’ah subuh di masjid lah. Alhamdulillah lagi kalo bangunnya sebelum subuh trus sempet qiyamul lail :D. Saya jadi inget perkataan seorang  temen, “Apapun yang terjadi, laki-laki itu wajib bangun pagi.” Maksud dia ya karena pria itu wajib jama’ah di masjid. Jadi kapan pun tidurnya ya tetep aja nanti subuh harus jama’ah di masjid. Oh iya, poin penting lagi habis subuh langsung beraktivitas ya, bukan aktivitas tidur lho maksudnya :D.

Images : http://blogcaritahu.files.wordpress.com/2012/08/4588976433_3c4477effc_z.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s